Jumat, 21 Desember 2012

Parangtritis Beach

Pantai Parangtritis adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di jogjakarta. Rasanya sayang sekali kalau pergi ke Jogja tanpa ke Parangtritis. Letaknya di desa Parangtritis kecamatan Kretek Kab. Bantul. 
Pintu masuknya cukup jauh dari pantainya. ya nggak jauh-jauh amat sih. tapi yang jelas, dari pintu masuk jangan harap langsung ke pantainya. hehe.


Parangtritis di pagi hari


Tarif biaya masuk per mobil Rp.10.000. Kalau nggak salah sih, tarif motor beda, cuman nggak tau nominalnya.(Maklum, kalau ke sana naek mobil pribadi, hehe)
Beberapa meter dari pintu masuk ada orang-orang yang nawarin buat masuk di parkirannya. Sebenernya pantainya sih sama ujung-ujungnya juga jadi satu tapi ada lahan yang berbeda-beda untuk parkir, kamar mandi, penginapan dan tempat perbelanjaan. Maklumlah bisnisnya sendiri-sendiri milik yang punya lahan bisnis.




Kalau sudah parkir, langsung deh maen air, tapi jangan jauh-jauh ya ntar keseret ombak. Kadang ombaknya gedhe banget. Namanya juga pantai selatan yang berhubungan langsung dengan samudra Hindia. Kalau ombak sedang tinggi, enaknnya maen air ja klo nggak, ada ATV yang bisa kita sewa seharga Rp.30.000 saja selama 15 menit. Ada juga dokar(kereta kuda) kalo mau naek sambil lihat pemandangan di sekeliling pantai cuman 20rb-30rb sekali putaran.

Enaknya kalo naek dokar bisa smpe air terjun di bibir pantai yang nggak bisa di lewati ATV. soalnya ada aliran air tanah kayaknya yang klo naek ATV ntar nggak bisa jalan(rodanya nggak muter/terperosok) sedangkan kalo naek dokar, kaki kuda dan dokarnya tinggi jadi masih bisa lewat sekaligus bisa nyantai sambil foto-foto tp emang sih agak bau itu tu...yah dinikmatin aja.hehe


Sampai di air terujun, terlihat bebatuan yang bertumpuk sampai atas. di tengah-tengahnya mengalir air terjun yang ternyata airnya tawar. Kita bisa foto-foto sebentar, ato kalo berdua sama pacar atau temen bisa minta tolong pak kusir buat ngambil gambar, hehe tp ya jangan lama-lama juga kasian pak kusirnya yang nganter pke dokar, kan mau nyari pelanggan laen juga. kalo mau berlama-lama jalan kaki juga bisa cuman ya paling kaki bengkak dikit lah..hehe :p

Air terjun Parangtritis



klo udah puas main pasir dan foto, klo abis airjuga(keceh'bhs jawanya') ada banyak tempat makan atau yang jualan aksesoris yang menyediakan kamar mandi untuk bersih-bersih setelah badan kotor semua kena pasir. Abis itu yang nggak kalah pentingnya dan setengahnya wajib apalagi buat cewek-cewek atau ibu-ibu nih apalagi kalo bukan shopping g lengakap rasanya kalau pulang tanpa oleh-oleh makanan khas ato aksesoris laennya

Kalau makanan sih biasa ya ada mie instan, bakso dll. yang beda tu cemilan-cemilan seperti keripik gimbal udang, kepiting, cumi, dll. trus klo aksesoris ada daster ato kaos batik jogja, selendang, trus aneka kerajinan dari kerang.

so, parangtritis bisa jadi referensi wisata yang menyenangkan  dan budgetnya lumayan murah.n ati-ati aja soalnya ombaknya gedhe, ntar bisa-bisa ketemu ama Nyi roro kidul kali ya,, hehehe


2 komentar: